Hardisk : Bullying! By Kak Chelly

Bullying terjadi mulai pada level yang terendah hingga ke level usia yang tertinggi. Bullying  menyumbang gangguan psikologis untuk anak-anak. Bullying adalah sifat yang sulit dihilangkan secara sendiri. Orang yang terkena bullying ada baiknya untuk kita rangkul supaya mereka tidak merasa terkucilkan atau direndahkan. Efek bullying itu bagai dua sisi mata uang. Ada yang karena bullying anak-anak menjadi down, bahkan ada juga yang sampai bunuh diri karena merasa tertekan dan merasa rendah di mata orang lain. Jika ini terjadi pada anak-anak, kita harus mampu merangkul anak tersebut dan orang tua anak tersebut, karena orang tua berperan penting dalam tumbuh kembang anaknya. Tapi disisi lain tidak sedikit anak korban bullying yang justru bangkit dan meraih kesuksesan karena mereka mau membuktikan diri dan menunjukkan kesemua orang yang ngebully mereka bahwa mereka tak seperti yang dibicarakan.

Jika bullying terjadi pada seusia kita, kita harus mampu untuk mengkontrol emosi dan menutup telinga kita dari hal-hal yang dirasa tidak perlu untuk kita hiraukan serta kita harus mampu menunjukkan kualitas diri kita bahwa kita tidak serendah yang mereka pikirkan.

Bullying bukan perbuatan yang patut ditiru, apalagi jika kita membully seseorag dengan membawa fisik dan keluarga. .Dari beberapa pendapat teman-teman, oramg yang suka membully itu biasanya adalah orang-orang yang ingin melampiaskan masalah pribadi yang ada pada diri mereka. Untuk kita semua, mari kita sama-sama untuk merangkul orang-orang, serta adik-adik kita semua utk tidak saling membully. Karena bullying dapat membuat psikologis orang tersebut menjadi down.

Jadi ketika kita melihat ada orang yang menjadi korban bullying, ada baiknya kita coba untuk merangkul. Paling tidak menjadi tempat mereka cerita. Hal ini setidaknya membuat mereka tahu, bahwa mereka tidak sendiri dan masih ada orang yang mendukung mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *